Tips Cari Rumah Idaman Yang Nyaman Dengan Harga Terjangkau

Rumah merupakan kebutuhan utama yang harus ada terutama bagi pasangan yang baru saja menikah. Memang, usai menikah tiap pasangan bisa menumpang terlebih dulu di rumah orang tua. Namun, hal itu pasti akan terasa tidak nyaman lantaran Anda telah memiliki kehidupan baru yang berbeda sebelum menikah dulu. Sehingga, mau tidak mau untuk memperoleh kenyamanan berumah tangga, Anda harus memilih solusi dengan memiliki hunian pribadi. Ketahuilah, ada beberapa pilihan untuk mendapatkan hunian yang nyaman yaitu dengan membangunnya dari nol sesuai desain kesukaanmu atau bisa juga dengan cari rumah minimalis yang dijual oleh perusahaan properti.

Nah, kebanyakan pasangan muda saat ini lebih memilih untuk membeli rumah jadi yang tergolong praktis dan instan. Namun, jangan asal beli ya! Biar tidak salah pilih, pastikan untuk simak tips mencari rumah idaman untuk keluarga kecil yang nyaman dengan budget terjangkau berikut!

Hitung dengan Teliti Budget yang Diperlukan

Jika Anda cari rumah dan berniat membelinya dengan cash pasti tidak akan butuh pikir panjang. Namun, beda kasus jika Anda memutuskan untuk menyicilnya. Harus ada pertimbangan yang matang supaya kondisi finansial tidak berat sebelah. Urusan beli rumah bukanlah hal yang mudah. Berdasarkan beberapa pengalaman, ongkos cicilan rumah tergolong besar. Belum lagi ditambah dengan biaya lain seperti pajak, bunga berjangka panjag, asuransi, dan utilitas-utilitas lain seperti ongkos pulang pergi, ongkos perbaikan, dan lain sebagainya.

Memang saat ini tengah maraknya perusahaan properti yang menawarkan harga cicilan rumah yang murah dan menggiurkan sehingga banyak orang yang cari rumah tergoda. Namun, jangan salah, Anda harus tahu juga tambahan biaya apa yang harus dibayar diluar itu. Kemudian, hitunglah selama Anda menempati rumah itu, adakah budget yang mampu menampung cicilan per bulannya. Usahakan batasannya tidak melebihi 30 persen dari pendapatan Anda ataupun gabungan dari Anda dan pasangan.

 Lakukan Riset Sumber Pinjaman

Mendapatkan rumah idaman yang nyaman bukanlah hal yang sulit karena bisa Anda lakukan secara kredit. Masalahnya, teknik apa yang Anda digunakan? Biar tidak kewalahan menghadapai bunga pinjaman yang kian melonjak, tidak ada salahnya jika Anda lebih rajin melakukan riset pemilihan KPR  dari beberapa bank dengan bunga yang kecil terlebih dulu. Mulai dari sistem bunga bank yang dihitung tetap atau fluktuatif sampai fasiltias pinjaman apa yang akan diberikan oleh bank. Setelah itu, baru Anda cari rumah yang sesuai dengan selera Anda dan pasangan.

Pastikan Rekam Jejak Pinjaman Baik

Jangan hanya rajin dalam soal pinjam meminjam uang di bank! Jika Anda ingin mendapatkan fasilitas pinjaman yang baik, pastikan jika catatan kredit di bank Anda baik. Baru, Anda diperbolehkan untuk mengajukan pinjaman lagi.  Tak hanya itu, pastikan pula jika catatan kredit tersebut tidak penuh dengan masalah kartu kredit ataupun kredit tanpa agunan sebelumnya. Jika demikian, pihak bank pun akan mempertimbangkan lagi untuk proses pencairan KPR. Bisa-bisa hutang-hutang yang dipinjam tidak mampu dilunasi. Sebab, penyedia dana KPR akan selalu melihat dan menghitungkan berapa rasio hutan yang Anda miliki sebelum melepas dana pinjaman. So, jangan terburu-buru cari rumah baru sebelum tahu benar sumber penyedia dana Anda ya!

Pahami Kontrak dengan Cermat

Membeli rumah bukan perkara yang mudah dan simpel apalagi jika masih kredit. Ada beberapa hal yang patut diperhatikan dengan cermat salah satunya kontrak atau surat menyurat antara penyedia dana ataupun penjual rumah. Tinta hitam di atas putih inilah yang akan menjadi patokan sampai hutang Anda lunas. Jadi, usahakan usai cari rumah yang sesuai, pastikan surat kontraknya benar-benar Anda pahami.

Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan, jangan ragu dan sungkan untuk bertanya. Sebuah lembaga penyedia dana pasti akan responsif, bukan sebaliknya. Namun, apabila responnya terkesan abai, disarankan untuk memilih agen atau bank yang lebih terbuka dengan Anda.

Survey Lingkungan Rumah Baru

Lingkungan rumah yang nyaman adalah hal yang paling dicari selain harga yang terjangkau. Jadi, saat cari rumah hunian baru, usahakan untuk survey lingkungannya secara langsung. Perhatikan dan pertimbangkan dengan baik, apakah lingkungan tersebut sesuai dengan kepribadian Anda dan pasangan atau tidak. Pastikan pula, anak-anak Anda kelak bisa bermain dengan aman dan nyaman di rumah tersebut. Apabila kurang sesuai, disarankan untuk mencari hunian lain yang lebih baik.

Siapkan Dana untuk Perangkat Rumah

Memiliki rumah hunian yang nyaman memang impian bagi tiap orang. Selain mempertimbangkan beberapa hal di atas, pastikan Anda jangan habiskan semua dananya untuk membeli rumah. Sampai-sampai, tidak ada budget untuk membeli perangkat rumah untuk mengisinya. Paling tidak, siapkan dana sekitar 100 juta rupiah untuk mengisi rumah pribadi Anda. Kalau tidak, prioritaskan dulu perangkat rumah tangga yang utama terlebih dulu seperti tempat tidur, kamar mandi, dan juga dapur. Baru, seiring berjalannya waktu, sisihkan budget untuk membeli perangkat pendukung lainnya.

Hindari Emosi Saat Cari Rumah

Terkadang, kesalahan cari rumah yang sering dilakukan oleh tiap orang adalah melibatkan emosi saat memilihnya. Misalnya tergiur untuk membeli rumah lantaran halamannya yang bagus, cat yang eye catching, atau hal lainnya yang bersifat personal. Bagaimanapun juga, rumah merupakan salah satu investasi jangka panjang, jadi, usahakan pemilihan rumah selalu mempertimbangkan lokasi, struktur, dan lingkungan.

Itulah, beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat cari rumah yang nyaman dan juga terjangkau. Pastikan income dan pengeluaran Anda tetap stabil ya!