Perumahan Murah Sebagai Solusi untuk Memiliki Hunian

Perumahan Murah Harga Terjangkau dan Layak Huni

Perumahan murah merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan, apalagi yang sudah berkeluarga. Banyak orang yang masih bingung memilih antara hunian baru atau hunian yang sudah pernah ditempati. Namun ada baiknya jika Anda mempertimbangkan untuk membeli hunian yang sudah pernah ditempati.

Membeli hunian bekas terkadang lebih menguntungkan daripada membeli yang baru. Pasalnya hunian yang pernah ditinggali memiliki keunggulan yang mungkin tidak bisa didapatkan di hunian baru. Salah satunya ialah lokasi dan fasilitas yang sudah lengkap bahkan dengan perabotannya.

Selain itu, kebanyakan lingkungan di sekitarnya sudah terbentuk. Meski begitu, membeli hunian yang pernah ditempati ternyata gampang-gampang susah. Ibarat mencari pasangan hidup, membutuhkan waktu, ketelitian dan kesabaran. Tentunya jika telah ditemukan rumah dengan harga dan kondisi yang sesuai dengan kebutuhan maka akan menjadikan rasa puas.

Membeli hunian yang pernah ditempati tidak boleh sembarangan, karena bisa jadi akan ditempati selama 20-30 tahun kedepan. Ada langkah yang harus diperhatikan mengingat kondisi fisik hunian yang cenderung menurun (tidak seperti baru). Apalagi harganya belum tentu lebih murah dari hunian baru.

Alasan-alasan tersebut memang dirasa masuk akal. Di satu sisi, membeli hunian yang pernah ditempati artinya siap untuk melakukan renovasi. Ada juga pekerjaan lain yang harus dilakukan setelah pembelian. Hal tersebut harus benar-benar dipikirkan agar pada saat telah memiliki hunian maka segera bia ditempati dengan senyaman mungkin.

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih hunian. Misalnya apakah hunian tersebut sudah sesuai dengan keinginan?. Atau apakah harganya sudah sesuai untuk kondisi keuangan?

Dalam membeli sebuah hunian, sebaiknya dilakukan dengan hati-hati. Saat ini, sudah banyak media online maupun offline yang memasang iklan jual beli. Pencarian online bisa dilakuakan dengan membuka beberapa e-commerce seperti olx. Kecermatan dalam memahami surat-surat mengenai bangunan tanah dan lain sebagainya sangat penting agar tidak merugi.

Pencarian offline bisa dilakukan dari mulut ke mulut lewat teman-teman atau Anda bisa datang langsung ke agen properti (broker). Umumnya agen properti memiliki banyak pilihan, bukan hanya 1 hunian saja. Lakukan survei ke beberapa hunian secara langsung untuk mengecek kondisinya.

Perumahan Murah Harus dicermati dengan Seksama

Kemudian lakukan pertimbangan dengan membandingkan kondisi, harga, lokasi dan fasilitas lainnya. Mintalah pendapat kepada keluarga agar tercapai kesepakatan bersama. Setelah itu barulah menentukan pilihan mana yang paling cocok untuk Anda dan keluarga.

Dalam membeli rumah bekas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, dalam membeli hunian yang sudah pernah ditempati sebaiknya langsung saja dengan pemiliknya alias tanpa perantara. Detail dan informasi lengkap bisa langsung didapatkan, harganya juga bisa lebih murah karena tidak perlu memberikan komisi kepada perantara.

Kedua, periksa kondisi fisik hunian di setiap bagiannya. Buatlah daftar apa saja yang harus periksa. Bila perlu, ajaklah seseorang yang mengerti hunian untuk menemani Anda. Pada saat menggunakan orang yang ahli mengenai bangunan maka akan ada biaya tambahan. Hal tersebut lebih baik dipilih jika dirasa perlu agar tidak terjadi kerugian kedepannya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya kondisi struktur hunian, barangkali ada retak-retak di pondasi dan dinding-dindingnya. Biasanya pada hunian yang cukup tua, hal ini sering terjadi namun bisa ditoleransi asalkan retaknya tidak lebih dari 5 milimeter. Pada dinding juga kadang ada flek-flek rembesan air.

Periksa lantainya masih baik atau sudah retak-retak. Pastikan struktur atap dan plafon masih baik, barangkali ada yang keropos atau ada yang bocor. Cek jaringan listrik dan airnya, masih berfungsi atau tidak. Kecermatan pada saat mengamati berbagai kondisi fisik rumah tersebut sangat penting agar jangan sampai ada kerusakan yang tidak diketahui.

Ketiga, pilih lokasi yang strategis, dekat dengan tempat kerja dan kalau bisa terhindar dari macet. Keempat, usia bangunan. Semakin tua usia hunian tersebut maka performanya akan menurun sehingga dibutuhkan renovasi yang lebih banyak.

Kelima berkaitan dengan lingkungan sosial. Carilah infromasi tentang kondisi lingkungan di pemukiman tersebut. Terutama jika hunian akan ditempati bersama keluarga, jangan sampai kecewa karena hunian tersebut banyak perilaku negatif atau rawan kejahatan.

Pentingnya Kelengkapan Dokumen Perumahan

Perumahan juga sangat membutuhkan dokumen-dokumen kepemilikan bangunan. Tanyakan dengan jelas dan periksa keasliannya sertifikat (SHM), ijin mendirikan bangunan (IMB), pajak bumi bangunan (PBB) dan lainnya. Samakan nama yang tertera di dokumen dengan nama penjual.

Apabila tidak sesuai atau belum dibalik nama maka mintalah bukti akta jual beli yang sah. Apabila hunian tersebut merupakan warisan, tanyakan berapa banyak ahli warisnya. Hal ini penting jika ada masalah hukum di kemudian hari.

Pilih notaris atau PPAT yang terpecaya. Terakhir ialah pertimbangkan harga sebelum membeli. Anda bisa bertanya atau mengecek harga pasaran di suatu tempat.

Berbagai keuntungan dapat didapat dalam membeli rumah bekas. Pertama, hunian sudah siap huni dengan segala bentuk dan fasilitasnya sehingga tidak perlu menunggu lama untuk ditempati. Sebabnya, pemilik lama biasanya sudah siap melepaskannya ketika pembayaran sudah selesai dan perjanjian jual beli sudah di tanda tangani.

Hal ini berbeda saat membeli hunian baru lewat perantara atau broker, terdapat syarat-syarat lain yang harus dipenuhi. Kedua, pajak lebih murah. Biasanya nilai pajak dari hunian lama lebih murah daripada hunian baru

Hal ini dikarenakan nilai bangunan sudah mengalami depresiasi (penurunan) sehingga nilai tidak sebesar saat pertama dibangun. Ketiga, harga perumahan murah danĀ  lebih fleksibel serta dapat dinego. Harga hunian yang sudah pernah ditempati biasanya akan mengikuti pasar di daerah tersebut.

Selain itu, pemilik membutuhkan uang dengan cepat sehingga harga bisa dinegosiasi sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Hal ini tidak bisa didapatkan jika membeli hunian baru yang menerapkan harga yang sudah tetap dari perusahaan. Ketiga, lingkungan sosial yang sudah terbentuk.

Hunian tidak hanya sekedar fisik luarnya saja namun juga harus memperhatikan lingkungan sosial di pemukiman tersebut. Hunian yang sudah pernah ditempati biasanya memiliki lingkungan yang sudah memiliki interaksi sosial yang baik. Selain itu juga dilengkapi fasilitas umum, perangkat lingkungan, tempat ibadah dan lain sebagainya.

Perhatikan Sistem Keamanan Perumahan

Ada pula sistem keamanan yang sudah terjaga. Pemilik baru bisa beradaptasi dengan mudah karena semua fasilitas sudah ada. Hal ini berbeda dengan hunian baru dimana setiap orang yang tinggal tidak kenal satu sama lain.

Hunian atau pemukiman baru biasaya dibangun oleh developer (pengembang). Developer hanya bertanggung jawab sampai semua hunian tersebut jadi. Namun untuk interaksi dan aktivitas sosial seluruhnya diserahkan kepada warga.

Keempat, infrastruktur sosial seperti jalan, taman, fasilitas listrik dan air sudah tersedia. Kelima, harga hunian dapat ditawar apalagi jika pemilik lama sedang membutuhkan uang. Disamping keuntungan, ada pula kerugiannya yaitu pilihan tidak banyak, desainnya ketinggalan zaman, harus merenovasi dan bentuk bangunan sudah permanen.

Perumahan murah Bekasi, yang merupakan daerah pinggiran bisa dijadikan sebagai salah satu alteratif pilihan. Harga tanah yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan daerah ibukota menjadi kelebihan Bekasi. Tentunya hal tersebut menjadi harga rumah menjadi lebih murah dan terjangkau.